Minggu, 22 Februari 2009

kajian perdana di kepengrusan HMI th.2008-2009

Kajian rutin HMI KOMPERTA UB Malang Tahun 2008-2009

Tanggal : 17 Februari 2009
Oleh : Kakanda Sukirno
Tema : Managemen Organisasi
Moderatur : Akhyari Fikri

Ringkasan Materi :
Organisasi memiliki 2 pengertian yaitu secara statis dan dinamis. Secara statis yaitu wadah kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan secara dinamis adalah sebuah system atau kegiatan sekelompok orang untuk mrncapai tujuan tertentu.
Dalam organisasi suatu kegiatan harus memiliki planning, organizing, actualling dan controlling. Planning berhubungan dengan fungsi managemen yang berkaitan dengan pemiloihan alternative pencapaian tujuan, pelaksanaan kebijakan, prosedur dan program organisasi (Harold Koonty dan Cyril O’Donnel). Planning/perencanaan harus harus dipersiapkan secara sistematis dan terarah. Organizing secara baik melalui suatu komando bijak dengan diikuti semua anggota yang ada. Hal ini akan menghasilkan jalinan koordinasi yang lancer antar anggota. Kebijakan organisasi juga harus disikapi sebagai keputusan bersama untuk kepentingan organisasi. Actualling merupakan merupakan gerakan yang dilaksanakan sebagai implementasi program kerja yang direncanakan. Selanjutnya harus ada controlling sebagai pengawasan terhadap kinerja organisasi.
Semua itu dapat diwujudkan jika tiap anggota memiliki jiwa militansi terhadap organisasi. Maka anggota nya harus bias menciptakan keharmonisan dalam kinerjanya melalui tingkatan perioritas utama pada organoisasi daripada kepentingan pribadi.
Semoga dalam berorganisasi dan beraktualisasi di HMI, kita bias senantiasa berproses dengan baik, secara perlahan namun pasti, nama HMI kita harumkan bersama lewat kualitas keislaman kader, militansi terhadap HMI dan keintelektualan secara moral maupun secara ilmu. Amiiiiiiiiiin!!!!!!!!!
ISLAM IS MY WAY and JOIN HMI BE DIFFERENT
YAKIN USAHA SAMPAI
(BID.PA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar